Postingan Populer

Rabu, 20 Februari 2013

Profesi pustakawan tak boleh lagi di pandang sebelah mata



Perpustakkan itu pada dasarnya bukan hanya sekedar tempat untuk menyimpan buku saja. Tetapi juga sebagai tempat menyimpan informasi baik yang berupa pendidikan, referensi maupun rekreasi baik yang berupa buku maupun yang bukan buku. Misalnya anda ingin mencari tips cara membuat rumah agar tampak lebih indah, cara merawat bayi, cara mendidik anak menajadi sukses, cara awet muda, mencari bahan bacaan buat anak maupun untuk mencari referensi dan lain sebagainya. Maka dari itu di sinilah fungsi profesi pustakawan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat yang membutuhkan sehingga setiap masyarakat yang membutuhkan informasi dapat mengunjungi ke perpustakaan. Jadi pustakawan itu pekerjaannya tidak hanya menjaga buku tetapi menjaga informasi agar dapat di manfaatkan oleh masyarakat.
Ilmu perpustakaan sangat di butuhkan karena perpustakaan sebagai sumber ilmu dari berbagai kajian dan penelitian. maka harus di kelola oleh orang yang ahli di bidangnya. Karena  pekerjaan pustakawan tidak hanya menata buku, duduk-duduk menunggu orang yang berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan adalah organisasi yang mengumpulkan bahan informasi baik yang tercetak maupun terekam. Sehingga pustakawan itu harus dapat mengelolah ,mengorganisasikan, memperbaharui. Mengelola bahan pustaka/ menata bahan pustaka di butuhkan ilmu kalau tidak di lakukan oleh ahlinya tidak akan berjalan dengan baik. Nah disinilah peran profesi pustakawan yang sebenarnya dalam perpustakaan.
            Selain itu Lulusan ilmu perpustakaan juga tidak hany dapat bekerja di lingkup perpustakaan namun juga dapat bekerja di BANK, Kantor kearsipan, Kantor BPAD , perpustakaan universitas dan lain-lain karena dalam undang-undang no.43 tahun 2007 tentang perpustakaan bab 1 pasal 1 dinyatakan bahwa setiap institusi pemerintahan diharuskan memiliki perpustakaan khusus,dalam arti memiliki sumber dan tempat penyimpanan data tersendiri. dan itu siapa yang mengelola? siapa yang menjadi master dibidang arsip dan dokumentasi? lulusan ilmu perpustakaan.
 Jadi ilmu perpustakaan prospek kerja kedepannya itu tidak hanya spesialis di perpustakaan, bisa berkiprah di mana saja. Mantappppp kan ilmu perpustakaan J

0 comments:

Posting Komentar