Postingan Populer

Kamis, 15 Agustus 2013

Ramadhan penuh makna, berkah dan barokah

Setiap umat muslim pasti selalu menginginkan bertemu bulan yang penuh berkah bulan yang penuh ampunan yaitu bulan suci ramadhan, karena ketika kita berbuat sesuatu yang baik, melakukan amalan akan dilipatgandakan dari bulan-bulan lainnya. subhanallah semoga kita termasuk umat yang senantiasa tergolong selau bertaqwa dan beriman dansemoga segala amal perbuatan di bulan ramadhan ini diterima oleh san pencipta Allah Swt.

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu lagi setelah berakhir bulan ramadhan yaitu 1 Syawal, terlebih anak-anak karena mereka dapat dipastikan akan dapat ampau heehhe bercanda.. Namun 1 Syawal adalah moment halal bi halal, silaturahmi sesama umat islam, terkadang pula umat non islam ikut merayakanya untuk menghormati umat Islam. Halal bi Halal adalah suatu bentuk ungkapan khusus pada waktu dan tempat tertentu sebagai pengganti dari kata Silatur-Rahmi pada kedua hari raya islam yang telah membudaya di beberapa Negara di Asia Tenggara khusnya Indonesia.

Halal bihalal  dimaknai secara sosial. Aktivitas ibadah puasa sebulan penuh selama Ramadan selalu mendorong seorang hamba selalu melakukan ibadah. ibadah tidak hanya dilakukan secara vertikal kepada sang Khalik. Selama Ramadan, Umat Islam pun dididik untuk selalu beribadah horisontal (muamalah). Karena itu, selama Ramadan, Umat Islam dilatih untuk selalu menanamkan nilai-nilai kemanusiaan. Ramadan penuh dengan pesan etika keshalehan sosial yang sangat tinggi, seperti pengendalian diri, disiplin, kejujuran, kesabaran, solidaritas dan saling tolong-menolong. Ini merupakan sebuah potret yang mengarah kepada eratnya keshalihan pribadi dengan keshalihan sosial. Saling silaturahmi dan memafkan meskipun seharusnya ketika kita saling memaafkan hendaknya jangan dalam waktu lebaran, ketka kita melakukan salah harus saling memaafkan. karena memafkan adalah paling mulia, dalam surat Al-Baqarah ayat 237 yang artinya “..Dan jika kamu memaafkan, maka hal itu lebih dekat kepada takwa…” 

Mohon maaf lahior dan batin, semoga tahun depan kita dapat bertemu kembali. Amin

0 comments:

Posting Komentar