Postingan Populer

Everything beautiful is not necessarily good, but everything good is certainly beautiful.

Mereka yang tida sukses karena mereka tidak punya mimpi dan berfikir monoton dan mempertahankan cara-cara lama, tetapi mereka yang sukses adalah mereka yang mempunyai, mimpi, harapan dan berusaha lebih baik meskipun banyak rintangan, simak my succes Story

Budaya merupakan khasanah bangsa yang harus kita lestarikan

Filosofi dan makna Budaya Upacara Sekatan Yogyakarta yang mampu menjadi simbol-simbol dakwah Islam. Mari kita simak pada artikel ini.

Librarian is Limited Corruption

Profesi Pustakawan tidak boleh dipandang sebelah mata, mereka lah akar dari penyedia sumber informasi. Profesi yang mulia dan limit terhadap korupsi. Simak artikel ini

where there is a will, there is a way. never desperate in our life nothing imposible in our life, everything is possible

Hati suci selalu benar, tetapi gejolak hati selalu mengubah hasrat hati suci. Orang yang ada dalam hati suci adalah orang yang taqwa dan beriman. Itulah tantangan hidup

Make the disappointments of the past into a successful weapon in the future.

Library is the growing organism

Kemajuan penerapan teknologi di perpustakaan merupakan tolak ukur kemajuan perpustakaan tersebut. bagaimana dampaknya? simak pada artikel ini

Selasa, 26 Maret 2013

macem jejaring sosial

MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.





2. Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.

3. Hi5

Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.


www.hi5.com


4. Facebook


Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.


www.facebook.com


4. Twitter


Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.


5. Linked In



LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006

6. FUPEI


Jika anda melihat judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang atau Cina. Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis.

7. Bebo


Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".


8. Orkut

Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).

Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.

9. Yahoo! Meme

Sudah tahu-lah siapa yang membuat situs jejaring ini. Yahoo! Yap, Yahoo! merilisnya merilisnya pada bula Agustus 2009. Yahoo! Meme atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak memiliki arti khusus. Namun, istilah "meme" di web dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang.

Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.

Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).

10. Koprol

Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).

Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.

11. Tumblr


Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring yang banyak diminati kalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
12. Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.
13. Google +
Yak. Ini dia layanan jejaring sosial yang paling anyar dari Google. Setelah (mungkin) gagal dengan jejaring sosial atau layanan yang dulu pernah dirilis seperti Orkut, Google Wave dan Google Buzz akhirnya Google mampu berbangga hati. Layanan terbaru dari Google ini meskipun masih versi beta, namun sudah banyak teman-teman saya yang tak sabar ingin menjajal fitur apa saja yang ada di dalamnya.


Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan Facebook. 
Tapi sayangnya untu saat ini, Google + hanya dapat digunakan bagi segelintir orang saja dan hanya bisa dinikmati via undangan dari para pengguna yang sudah terdaftar karena Google + untuk saat ini masih dalam uji coba alias beta version. Lihat ulasan lengkapnya disini.
Screenshot Google +. Miripkah dengan Facebook ?
14. Heello
Ya ini dia salah satu jejaring sosial (social networking) terbaru setelah Google + (Plus) yang di rilis bulan Juni lalu. Jejaring sosial yang satu ini baru saja dirilis beberapa hari yang lalu (Rabu, 13/8/2011). Heello digadang-gadang bakal jadi pesaing utama twitter.

Heello di dibuat dan dirilis oleh Noah Everett (yang juga "menemukan" Twitpic). Bisa dibilang ini Hello merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter. Lihat saja beberapa tampilannya yang hampir mirip. Mulai dari batas karakter untuk sharing status, username yang menggunakan @username seperti Twitter, Replies dan sebagainya. Lihat ulasan lengkapnya disini.


Semoga bermanfaat. Ditunggu komentarnya. :) 
Diposting oleh Aditya Doni
Dibuat pada 23 Maret 2009
Diupdate pada Sabtu, 15 Agustus 2011

Jumat, 15 Maret 2013

“PERPUSTAKAAN UNTUK RAKYAT”

HENI SETIYANINGSIH
11140069/ IPI C
RESUME KULIAH UMUM
Dengan tema
“PERPUSTAKAAN UNTUK RAKYAT”
Nara  Sumber : Bpk. Blasius Sudarsono M.LIS
                           Ibu. Afia Rosdiana M.Pd
                           Ratih Rahmawati
Moderator     : Anis Masruri S.AG.,S.IP.,M.Si

           Dalam acara kuliah umum dengan tema Perpustakaan Untuk Rakyat Ibu Dekan UIN-Sunan kalijaga Dr.Hj. Siti Maryam.,M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan tentang keberadaan perpustakaan yang telah ada sejak jaman dahulu. Dalam Al-Qur’an pun telah di sebutkan pada surat iqra’ yang artinya bacalah. Sehingga membaca itu telah di perintahkan oleh Allah sejak dahulu untuk meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan  seseorang. Dalam hal ini perpustakaan berperan sangat penting dalam penyediaan bahan bacaan dan mengolahnya agar dapat di temu kembali oleh pemustaka. Tetapi perlu di ketahui bahwa membaca tidak harus berbentuk tercetak seperti buku saja, oleh karena itu di sinilah peran pustakawan dalam menyediakan berbagai bentuk informasi baik tercetak maupun non cetak sesuai dengan perkembangan jaman oleh karena itu pustakawan harus mempunyai soft skill yang baik.
         Dalam kuliah umum ini pemateri yang pertama Ibu Afia Rosdiana M.Pd beliau mengemukakan buku Perpustakaan Untuk Rakyat adalah buku yang dapat menginspiratif para pustakawan, dapat menjadi buku bacaan pustakawan dan dapat menumbuhkan motivasi jiwa pustakawan karena pustakawan tidak hanya di pandang sebagaimana yang tertera dalam SK Menpan saja yaitu tenaga ahli teknis dalam pengolahan bahan pustaka saja seperti klasifikasi, inventaris, selving dll, tetapi pustakawan harus menuntut jiwa harus mengetahui tentang dunia perpustakaan, bagaimana ruang lingkup perpustakaan, bagaimana manjemennya, masyarakat pengunanya sehingga pustakwan tidak lagi hanya lihai dalam bidang teknis saja. Beliau juga menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara perpustakaan masyarakat dengan taman baca masyarakat. Sebenarnya perbedaanya hanya Taman Baca Masyarakat mendapatkan bantuan dari DEPDIKNAS lebih banyak dari pada perpustakaan Nasional sedangkan perpustakkan masyarakat mendapatkan bantuan dari BPAD lebih banyak. Tetapi pada dasarnya Perpustakaan Masyarakat dan Taman Baca Masyarakat memiliki ruh yang sama yaitu mengembangkan literasi informasi. Ibu Afia Rosdiana juga menyebutkan bahwa taman baca yang ada di jogja kurang lebih 230 tetapi kebanyakan taman baca tersebut dalam keadaan koma artinya taman baca tersebut antara hidup dan mati, jadi masih banyak taman baca masyarakat yang kurang di minati masyarakat karena kemungkinan ada beberapa faktor sperti kurang menarik,  kejenuhan bahan bacaan, layanan, layout dan lain-lain, oleh karena itu dalam buku “Perpustakaan Untuk Rakyat” merupakan salah satu buku inspiratif untuk pustakawan maupun tenaga pengelola. Buku ini memberikan nuansa yang lain tentang apa itu perpustakaan secara luas bukan terbatas padah hal tekhnis perpustakaan saja. Pada Bab pertama berbicara tentang pengembangan masyarakat.  Pada bab dua terdapat dialog antara dua orang yaitu dialog perbincangan antara bapak (Bpk Blasius Sudarsono M.Lis) dan anak (Ratih Rahmawati) yang membicarakan tentang perpustakaan dan kepustakawanan. Bagaimana mengubah paradigma masyarakat tentang perpustakaan bahwa perpustakaan tempat yang mengerikan seperti anekdot Gus Dur tentang banteng dan tempat buangan, nah di sinilah pustakawan harus action, harus berfikir aktif tidak hanya mengacu dan belajar dalam hal teknis saja tetapi harus mampu mengetahui, mengelola dan mengembangkan masyarakat sehingga dapat mengubah paradigma lama masyarakat tentang perpustakkan.
       Pada pemateri dua Ratih Rahmawati tidak mengungkapan banyak mengenai buku “ Perpustakaan Untuk Rakyat” Hanya memberikan tangapan Mengenai artikel yang ditulis olehnya perpustakaan yang ada di Jogja dan Sleman hanya urusan kebijakan.
           Pada pemeteri tiga ini adalah Bpk Blasius Pada awalnya, beliau mengungkapkan bahwapustakwan itu jarang menulis, karena menulis itu tidak mudah  menulis membutuhkan pemahaman, dan refleksi yang mendalam, dan tuntutan jiwa oleh karena itu di harapkan pustakawan mampu melahirkan seorang pustakawan muda yang baru yang mampu untuk lebih baik”.
           Finally library is librarian, yang di belakang perpustakaan adalah pustakawan. Pustakawan itu ekuivalen dengan budaya, kepustakawanan itu harus mempunyai jiwa roh pustakawan karena tujuan bangsa yang terpenting tertera dalam UUD ’45 yaitu  kesejahteraan umum dan kecerdasan bangsa. Berbicara mengenai pustakawan , ada empat pilar pustakwan adalah ;

  •  Pustakawan adalah pangilan hidup,
  • Pustakawan  Semangat hidup, 
  • Di laksanakan dengan penuh profesional karena orang yang mampu tetapi tidak mau maka dalam   melakukan sesuatu ia tidak akan pernah selesai, sedangkan orang yang tidak mampu tapi mau  akan selesai jadi kunci utama adalah kemauan.
  • Pustakawanan adalah karya pelayanan

Kepustakawanan lebih dekat dengan kemampuan, memahami yang mau dari pada yang mampu. ada empat sila kemampuan pustakawan yaitu :

  • Pustakwaan harus bisa berfikir secara kritis, baik dalam pengembangan informasi, pengembangan teknologi dan kritis terhadap masyarakat pengguna. 
  • Membaca. Membaca sangat penting untuk pustakawan untuk mengetahui informasi-informasi, untuk menambah pengetahuan. Membaca dalam hal ini di artikan membaca dunia. Jadi seorang pustakwan tidak hanya mengetahui tentang pengetahuan lokal saja, tetapi bisa membaca dunia, mengetahui perkembangan dunia.
  •   Menulis. Menulis dalam hal ini adalah berbagi mengenai ide, gagasaan atau pemikiran sehingga dengan tulisan tersebut pengetahuan dan kreatifitas seseorang dapat di tularkan kepada masyarakat lain.
  • Kemampuan enterpreneur untuk di hargai. Perpustakaan adalah akumulasi dari recorder culture atau knowledge. 
  • Etika. Pustakwan yang baik seharusnya memiliki etika yang baik pula baik dalam berkomunikasi maupun dalam melayani user. Perlu juga pustakawan di ajarkan tentang etika.
      Seorang pustakawan harus mempunyai kemampuan dan kemauan. Interaksi antara kemauan dan kemampuan akan menghasilkan Bright, Right, dan Rich yang artinya cerdas, benar dan kaya. Artinya berfikir itu harus cerdas dan benar sehingga menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat.